Blogger Templates

Kamis, 05 April 2012

Teh Herbal dari Bunga Sepatu

BUNGA SEPATU SEBAGAI TEH HERBAL
Tahukah Anda bahwa tanaman hias yang satu ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita ? Sebelum dibahas saya akan memberikan penjelasan terdahulu tentang bunga sepatu :)
Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. 

Kandungan dari Bunga Sepatu
Nah berikut adalah kandungan-kandungan yang terdapat pada bunga sepatu ini 
Daun, bunga dan akar kembang sepatu mengandung flavonoida. Di samping itu daunnya juga mengandung saponin, dan polifenol, bunga mengandung polifenol, akarnya juga mengandung tanin dan saponin. (tanamanobat.org)
Tanaman ini mengandung bunganya mengandung hibisetin, sedangkan batang dan daunnya mengandung Ca-oksalat, peroxidase, lemak dan protein. (www.aagos.ristek.go.id)
  • Membuat Teh Herbal dari Bunga Sepatu
  1. Pertama-tama, membawa 2 atau 3 cangkir air mendidih dalam panci besar dan matikan api.
  2.  Setelah itu, masukkan sekitar 4 bunga kembang sepatu segar ke dalam air mendidih. Atau, jika Anda telah berhasil mendapatkan kelopak bunga kering, maka anda bisa tambahkan 2 sdm. 
  3. Kemudian tambahkan 1 atau 2 batang kayu manis yang akan ditambahkan ke campuran bunga sepatu yang telah dibuat. 
  4. Tutup panci danitunggu sekitar 15 - 20 menit. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan proses seduhan melampaui 20 menit, karena dapat membuat teh menjadi pahit. Dalam kasus jika Anda suka teh yang lebih pekat, maka Anda dapat menambahkan beberapa bunga lagi. 
  5. Sekarang, saatnya untuk strain teh dari panci ke dalam pitcher minuman. 
  6. Dapat juga disajikan  dengan menambahkan beberapa segar meremas lemon dan madu agar rasanya lebih nikmat. 
  • Khasiat Teh Herbal dari Bunga Sepatu
Adapun beberapa khasiat dari bunga sepatu ini antara lain :
  1. Batuk rejan (pertussis) , radang saluran napas (bronkliitis)
    Cuci bersih 2 kuntum bunga kembang sepatu, lalu giling sampai halus. Tambahkan 100 ml air matang hangat dan sedikit garam, lalu peras. Saring dan minum air perasan dua kali sehari dengan dosis yang sama.
  2. Demam karena malaria
    Rebus 50 g daun kembang sepatu, 1/2 lembar daun pepaya (Carica papaya), dan 10 g garam inggris (Sulfas magnesicus) dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Minum air rebusan saat masih hangat.
  3. Gondongan (parotitis)
    Cuci bersih 30 g daun atau bunga kembang sepatu, lalu rebus dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusan dan minum tiga kali sehari dengan dosis sama.
  4. Melancarkan haid dan mengatasi haid tidak teratur
    Cuci bersih 3 kumtum bunga kembang sepatu, lain giling sampai halus. Tambahkan 150 ml air matang dan cuka beras putih secukupnya. Saring airnya, lalu minum dua sampai tiga kali sehari masing-masing 100 ml.
  5. Radang selaput ikat mata (conjunctivitas)
    Rebus 30 g akar kembang sepatu dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusannya lain minum.
    Cara lainnya, rebus 15 g daun kembang sepatu dalam 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusannya lain minum saat masih hangat.
  6. Radang usus (enteritis)
    Rebus 25 g bunga kembang sepatu dan 50 g sambiloto (Androgaphis paniculata) dalam 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari.
  7. Sariawan (aphthae)
    Seduh 30 g daun kembang sepatu dengan 100 ml air mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum tiga kali sehari dengan dosis sama.
  8. Tuberkalosis (TBC)
    Cuci bersih 3 kuntum bunga sepatu dan 30 g krokot (Portukzca oleracea L), lalu giling sampai halus dan tambahkan 100 ml air panas. Saring dan minum air seduhan tiga kali sehari bersama 1 sendok makan madu masing-masing dengan dosis sama.
  9. Air kemih bernanah (gonorrhoea)
    Cuci bersih 6 kuntum bunga sepatu dan 15 g sambiloto (Androgaphis paniculata) lain rebus dalam 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusannya lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum tiga kali sehari.
  10. Keputihan
    Rebus 15 g bunga kembang sepatu, 15 g jengger ayam (Celosia cristata L.), dan 30 g kulit delima segar atau i g kulit delima kering (Punica granaturn L.) dalam 500 ml air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari.
  11. Mimisan (epistaxis)
    Rebus 30 kuntum bunga kembang sepatu kering dengan 500 nil air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari.
  12. Infeksi saluran kemih
    Rebus 15 g akar kembang sepatu, 25 g meniran (Phyllanthus urinaria L), dan 30 g sambiloto (Androqap his panleulata) dalam 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari.
  13. Batuk lendir dan darah
    Cuci bersih 2 kuntum bunga kembang sepatu lain diremas-remas. Seduh dengan 400 ml air panas, lalu tutup dalam cawan selama semalam. Saring air esok harinya, tambahkan madu lalu minum pada pagi had sebelum makan.
Nah, ada banyak kan manfaat dari bunga Sepatu ? tertarik untuk mencoba ? :)
Selamat Mencoba.


Sumber : www.wikipedia.com


1 komentar:

  1. Awalnya aneh banget saat tau ini, tapi ternyata banyak banget manfaatnya.. aku mau coba deh.. hehe..
    makasii infonya ya ;)
    Jangan lupa main-main juga kesini ya http://goo.gl/xE9AjY

    BalasHapus