Blogger Templates

Minggu, 01 April 2012




Wisata ke kota Pagaralam yuuuukk !!!
Kalian penah dengar kota Pagaralam ? Ok, jika Anda belum pernah kesana bahkan  baru pertama kali ini mendengarnya, saya akan memberikan beberapa gambaran tentang kota wisata ini. Sebelum kita tau apa saja yang menarik di kota ini, ada beberapa hal yang mesti kalian ketahui mengapa saya memilih kota Pagaralam untuk dijadikan salah satu kota wisata yang perlu kita ketahui . Beikut hal-hal menginspirasikan saya untuk menuliskan tentang wisata Pagaralam adalah  sebagai berikut:
Ada beberapa wisata alam yang dapat kita kunjungi di kota Pagaralam, yang pastinya tidak akan membuat kalian kecewa ketika berkunjung. Nanti kita  akan bahas satu persatu apa saja yang menarik di sana.
Saya berasal dari kota Pagarlam . Jadi, tidak ada salahnya kalau saya sedikit mempromosikan tentang kota ku yang tercinta nan indah ini. Hehehe…
Yang ketiga ini yang paling menginspirasikan saya, Mmm … berdasarkan pengalaman teman, keluarga, tetangga, dan orang-orang Pagarlam yang saya jumpai dan lain sebagainya termasuk saya ni, mengatakan bahwa ketika mereka pergi ke luar kota terutama  kota di luar Sumatera Selatan entah itu keliah, kerja, atau berlibur saja. Ketika mereka ditanya berasal dari mana dan diberitau pasti banyak sekali yang bertanya bahkan hamper semua nanya gini “ Apa Pagaralam?dimana?” -,- Yaaaaa…mereka ga tau kalo tu kota indah dan sejuk. Hehe
Tapi itu hal yang wajar saja kalau mereka tidak tau karena kota Pagaralam merupakan salah satu kota kecil di Sumatera Selatan.
Untuk itu disini saya akan memberikan gambaran tentang kota Pagaralam. Dan, selamat membaca semua J.

Pagaralam
Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang yang siap dijadikan salah satu sektor andalan pariwisata, yang terus berbenah dan mempersiapkan diri menjadi destinasi pariwisata nusantara sejajar dengan daerah tujuan wisata lainnya. Karena salah satu misi dari kota Pagaralam adalah menjadikan kota Pagaralam sebagai kota pariwisata yang bernuansa islami. Masyarakat Pagaralam atau biasa disebut sebagai masyarakat BESEMAH yang artinya Bersih, sejuk aman , dan ramah J.
Kota ini terletak di kaki Gunung Dempo sehingga menjadikan kota ini memiliki udara yang sejuk (pastinya kita akan merasa nyaman untuk tinggal disini) . Kemudian, kota Pagaralam mempunyai potensi wisata yang sangat kaya, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di Kota Pagaralam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun disebut penduduk setempat curup, dan 26 situs menhir yang sudah tercatat. Nah disini ada beberapa tempat wisata yang dapat kita kunjungi saat berada di kota Pagaralam :
Gunung Dempo
 
Memandang, menyusuri, mendaki, dan meneliti pesona wisata Gunung Dempo.Hamparan hijau kebun teh begitu segar. Tampak orang bercaping berbaris membawa keranjang dipundak, memetik pucuk daun teh. Hutan hijau pekat menjadi batas hijaunya teh dengan birunya gunung Dempo besama awan putih dipuncaknya.
Ditemani secangkir kawe (kopi) beraroma khas Pagar Alam, pemandangan alam nan asri saat pagi di serambi Penginapan Gunung Gare Pagar Alam ini, akan memikat siapa saja yang melihatnya.
Belumlah puas mata memandang. Kaki pun akan tergerak melangkah di sela perkebunan teh, mencari-cari benalu teh yang berkhasiat itu di sela batang teh, ditemani segarnya dingin pagi dan sinar mentari yang mulai menyapu punggung gunung. Waww alngkah indahnya bukan? J
Gunung Dempo yang memiliki ketinggian 3.159 meter dari permukaan laut ini, merupakan daerah tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan. Perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari Palembang menuju Pagar Alam juga menjadi pengalaman menarik.

Memasuki daerah yang dipagari oleh alam pegunungan ini, jalan berkelok dengan lembah dan tebing di tepian jalan mengucapkan selamat datang memasuki Kota Pagar Alam.
Tidak hanya keindahan Gunung Dempo yang terkenal, jalur pendakian gunung ini juga menjadi buah bibir dikalangan pendaki gunung. “Tantangan yang bervariatif, dan bonus (jalur datar) nya sedikit,” komentar para pendaki gunung asal Jawa. Gemericik suara air dan bermacam suara hewan penghuni gunung akan menemani para pendaki.
Mendirikan kemah di hamparan puncak merapi, sebelum melihat kawah Dempo, juga menjadi daya tarik tersendiri. Menghangatkan badan meneguk kawe, di dekat api unggun, gemerlap lampu kota tampak dari ketinggian itu.
Apalagi disaat tahun baru tiba, hamparan ini akan dipenuhi para pendaki, baik yang berasal dari Pagar Alam, Palembang, bahkan dari luar Sumsel. Menyambut tahun baru di Puncak Merapi Dempo, seakan sudah menjadi tradisi.
Daerah Pegunungan yang menjadi lokasi dipertandingkannya cabang oleh raga Paralayang pada PON ke XVI lalu ini, menjadikan wisata sebagai salah satu andalan. Derasnya arus sungai di sela bebatuan juga menjadikan ini sangat potensial untuk menjadi tempat arum jeram.
Daerah yang berjarak 300 kilometer dari Palembang ini juga sarat dengan daya tarik sejarah purba. Batu-batu peninggalan purba yang diperkirakan berumur 2500 sampai 3000 tahun ini terdapat di beberapa desa di kaki Gunung Dempo. Bentuk batunya pun beragam, dari lesung, hewan, manusia, dan ada juga batu berbentuk rumah.
Megalit inilah yang membawa wisatawan mancanegara asal eropa kerap datang ke daerah pegunungan tertinggi di bukit barisan Sumatera ini.
Berikut gambar/ bayangan akan keindahan gunung dempo 

Kawah gunung Dempo
Nah dapat dilihat kan di bawah gunung dempo atau biasa disebut gunung gare oleh masyarak setempat, terdapat banyak villa-villa untuk wisatawan lokal maupun nonlokal bermalam atau menginap untuk menikmati pemandangan yang indah ini. J
Mesti coba buat nginap yaaa !!!
Air Terjun (curup)
Belum habis lah potensi wisata di Pagaralam. Air terjun di pegunungan ini belum sepenuhnya dikembangkan, bahkan tidak menutup kemungkinan belum ditemukan. Seperti ditemukannya curub (air terjun) Pancur belakangan ini, sebuah keindahan baru yang terkuak. Ada beberapa cughub yang indah yang dapat kita kunjungi :
Air Terjun / Curup Embun / Cughub Embun.