Blogger Templates

Minggu, 01 April 2012




Wisata ke kota Pagaralam yuuuukk !!!
Kalian penah dengar kota Pagaralam ? Ok, jika Anda belum pernah kesana bahkan  baru pertama kali ini mendengarnya, saya akan memberikan beberapa gambaran tentang kota wisata ini. Sebelum kita tau apa saja yang menarik di kota ini, ada beberapa hal yang mesti kalian ketahui mengapa saya memilih kota Pagaralam untuk dijadikan salah satu kota wisata yang perlu kita ketahui . Beikut hal-hal menginspirasikan saya untuk menuliskan tentang wisata Pagaralam adalah  sebagai berikut:
Ada beberapa wisata alam yang dapat kita kunjungi di kota Pagaralam, yang pastinya tidak akan membuat kalian kecewa ketika berkunjung. Nanti kita  akan bahas satu persatu apa saja yang menarik di sana.
Saya berasal dari kota Pagarlam . Jadi, tidak ada salahnya kalau saya sedikit mempromosikan tentang kota ku yang tercinta nan indah ini. Hehehe…
Yang ketiga ini yang paling menginspirasikan saya, Mmm … berdasarkan pengalaman teman, keluarga, tetangga, dan orang-orang Pagarlam yang saya jumpai dan lain sebagainya termasuk saya ni, mengatakan bahwa ketika mereka pergi ke luar kota terutama  kota di luar Sumatera Selatan entah itu keliah, kerja, atau berlibur saja. Ketika mereka ditanya berasal dari mana dan diberitau pasti banyak sekali yang bertanya bahkan hamper semua nanya gini “ Apa Pagaralam?dimana?” -,- Yaaaaa…mereka ga tau kalo tu kota indah dan sejuk. Hehe
Tapi itu hal yang wajar saja kalau mereka tidak tau karena kota Pagaralam merupakan salah satu kota kecil di Sumatera Selatan.
Untuk itu disini saya akan memberikan gambaran tentang kota Pagaralam. Dan, selamat membaca semua J.

Pagaralam
Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang yang siap dijadikan salah satu sektor andalan pariwisata, yang terus berbenah dan mempersiapkan diri menjadi destinasi pariwisata nusantara sejajar dengan daerah tujuan wisata lainnya. Karena salah satu misi dari kota Pagaralam adalah menjadikan kota Pagaralam sebagai kota pariwisata yang bernuansa islami. Masyarakat Pagaralam atau biasa disebut sebagai masyarakat BESEMAH yang artinya Bersih, sejuk aman , dan ramah J.
Kota ini terletak di kaki Gunung Dempo sehingga menjadikan kota ini memiliki udara yang sejuk (pastinya kita akan merasa nyaman untuk tinggal disini) . Kemudian, kota Pagaralam mempunyai potensi wisata yang sangat kaya, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di Kota Pagaralam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun disebut penduduk setempat curup, dan 26 situs menhir yang sudah tercatat. Nah disini ada beberapa tempat wisata yang dapat kita kunjungi saat berada di kota Pagaralam :
Gunung Dempo
 
Memandang, menyusuri, mendaki, dan meneliti pesona wisata Gunung Dempo.Hamparan hijau kebun teh begitu segar. Tampak orang bercaping berbaris membawa keranjang dipundak, memetik pucuk daun teh. Hutan hijau pekat menjadi batas hijaunya teh dengan birunya gunung Dempo besama awan putih dipuncaknya.
Ditemani secangkir kawe (kopi) beraroma khas Pagar Alam, pemandangan alam nan asri saat pagi di serambi Penginapan Gunung Gare Pagar Alam ini, akan memikat siapa saja yang melihatnya.
Belumlah puas mata memandang. Kaki pun akan tergerak melangkah di sela perkebunan teh, mencari-cari benalu teh yang berkhasiat itu di sela batang teh, ditemani segarnya dingin pagi dan sinar mentari yang mulai menyapu punggung gunung. Waww alngkah indahnya bukan? J
Gunung Dempo yang memiliki ketinggian 3.159 meter dari permukaan laut ini, merupakan daerah tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan. Perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari Palembang menuju Pagar Alam juga menjadi pengalaman menarik.

Memasuki daerah yang dipagari oleh alam pegunungan ini, jalan berkelok dengan lembah dan tebing di tepian jalan mengucapkan selamat datang memasuki Kota Pagar Alam.
Tidak hanya keindahan Gunung Dempo yang terkenal, jalur pendakian gunung ini juga menjadi buah bibir dikalangan pendaki gunung. “Tantangan yang bervariatif, dan bonus (jalur datar) nya sedikit,” komentar para pendaki gunung asal Jawa. Gemericik suara air dan bermacam suara hewan penghuni gunung akan menemani para pendaki.
Mendirikan kemah di hamparan puncak merapi, sebelum melihat kawah Dempo, juga menjadi daya tarik tersendiri. Menghangatkan badan meneguk kawe, di dekat api unggun, gemerlap lampu kota tampak dari ketinggian itu.
Apalagi disaat tahun baru tiba, hamparan ini akan dipenuhi para pendaki, baik yang berasal dari Pagar Alam, Palembang, bahkan dari luar Sumsel. Menyambut tahun baru di Puncak Merapi Dempo, seakan sudah menjadi tradisi.
Daerah Pegunungan yang menjadi lokasi dipertandingkannya cabang oleh raga Paralayang pada PON ke XVI lalu ini, menjadikan wisata sebagai salah satu andalan. Derasnya arus sungai di sela bebatuan juga menjadikan ini sangat potensial untuk menjadi tempat arum jeram.
Daerah yang berjarak 300 kilometer dari Palembang ini juga sarat dengan daya tarik sejarah purba. Batu-batu peninggalan purba yang diperkirakan berumur 2500 sampai 3000 tahun ini terdapat di beberapa desa di kaki Gunung Dempo. Bentuk batunya pun beragam, dari lesung, hewan, manusia, dan ada juga batu berbentuk rumah.
Megalit inilah yang membawa wisatawan mancanegara asal eropa kerap datang ke daerah pegunungan tertinggi di bukit barisan Sumatera ini.
Berikut gambar/ bayangan akan keindahan gunung dempo 

Kawah gunung Dempo
Nah dapat dilihat kan di bawah gunung dempo atau biasa disebut gunung gare oleh masyarak setempat, terdapat banyak villa-villa untuk wisatawan lokal maupun nonlokal bermalam atau menginap untuk menikmati pemandangan yang indah ini. J
Mesti coba buat nginap yaaa !!!
Air Terjun (curup)
Belum habis lah potensi wisata di Pagaralam. Air terjun di pegunungan ini belum sepenuhnya dikembangkan, bahkan tidak menutup kemungkinan belum ditemukan. Seperti ditemukannya curub (air terjun) Pancur belakangan ini, sebuah keindahan baru yang terkuak. Ada beberapa cughub yang indah yang dapat kita kunjungi :
Air Terjun / Curup Embun / Cughub Embun.
Nah, kemudian kita  akan beeralih ke cughub embun cihuuuyyy. Lokasi nya juga berdekatan dengan gunung dempo, kira-kira setengah jam dari gunung dempo dengan mengunakan kendaraan bermotor. Mau tau kenapa dinamakan dengan curup embun?
Begini, ketika kita sampai ke cughub ini air terjunnya akan memancarkan percikan-percikan air seperti embun di pagi hari lohh J waaa… kebayangkan segernya?? Tipsnya ni buat dapet fresh nya adalah pejamkan mata kita, angkat kepala menghadap ke cughub embun, kemudian bentangkan kedua tangan, dan yang terakhir rasakan sensasinya hehehe… subhanaullah pasti adem bgt.
Sebelum kalian memasuki cughub ini kalian harus berjalan kebawah menyusuri anak tangga yang banyaaak, hehe.. tapi tenang aja walaupun agak terasa capek kita akan dikelilingi dengan pemandangan yang hijau dari pohon-pohon. Jadi, dijamin rasa lelah kita akan terobati apalagi setelah sampai dan benar-benar melihat keindahan dari chughub embun ini J.
Indah bukan sobat ? oya.. ada hal yang menarik dari cughub embun ini yaitu masyarakat setempat mempercayai bahwa jika mandi atau mencuci muka dengan air cughub embun ini kita akan menjadi awet muda. Bagaimana ? tertarik untuk mencoba?
Cughub Mangkok
Selanjutnya , kita ke cughub mangkok.. cughub mangkok ini juga tidak kalah indahnya dengan cughub embun. air terjun ini mengalir dari bebatuan yang besar dan dikanan kirinya ada pepohonan. Jalan menuju kesana mendaki gunung, tetapi mendekati tempat tersebut telah dibuat jalan yang curam, namun dapat dilalui mobil sampai ke pinggir telaga dari air terjun tersebut. Air terjun ini cukup dingin serasa kita berendam di air kulkas, walau dangkal tapi dinginnya minta ampun. Disekitar telaga ada batu-batu koral yang berwarna-warni, telaga ini berada di lembah.
Saat kita memandang sumber air terjun ada celah sinar yang terbentuk dari pohon-pohon yang ditengahnya air terjun mengalir. cughup Mangkok yang terletak di Dusun Pematangbango, memiliki keunikan tersendiri. Selain pemandangan di sekitarnya sangat asri dan alami, cughup ini meninggalkan ceruk atau kolam yang berbentuk mangkok. Hal inilah yang mendasari air terjun ini dinamakan cughup mangkok.

Cughub 7 kenangan
Lanjut lagi ni ke cughub lainnya yang dinamakan cughub 7 kenangan. Letaknya disebelah timur objek wisata gunung dempo, nah jadi jangan lewatkan juga buat berkunjung disana J. Dan masih ada cughub-cughub indah lainya.
Air Terjun Lematang Indah
Sumber foto http://infopagaralam.blogspot.com/2010/10/air-terjun-yang-ada-di-pagaralam.html
Waa.. banyak ya air terjun di Pagaralam, J hehehe.. air tejun lematang ini terletak kira-kira 10 meter dari pusat kota. Nah di air terjun ini juga menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk berwisata. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga. Di saat musim hujan Anda perlu berhati-hati menuruni anak tangga karena licin. Dibawah air terjun ini juga terdapat aliran sungai yang jenih dihiasi bebatuan besar. Pepohonan di sekitar air terjun senantiasa dihinggapi burung-burung yang berkicau. Suara aliran sungai pun mampu membuai Anda untuk belama-lama menikmati keindahannya. Di lokasi Air Terjun Lematang Indah terdapat fasilitas yang kamar mandi dan juga tempat istirahat. Tiket ke lokasinya ini Rp4.000,- per orang. Kalian juga bisa bermain olahraga arum jeram koq.. pastinya asik dan menyenangkan kan ? J

Wisata Sejarah dan Budaya
Selain terdapat wisata alam yang indah, kota Pagaralam juga menyimpan sejarah peninggalan-peninggalan pada zaman dahulu. Seperti arca manusia dan dolmen di desa Tegur Wangi Lama.
Peninggalan sejarah di Kota Pagaralam cukup banyak,mulai Rumah Batu atau Kubur Batu di Dusun Tegur Wangi, Belumai dan Tanjung Aro,arca manusia dililit ular di Tanjung Aro,batu Benghibu di Tegur Wangi,batu monyet di Belumai,arca Perbakala di Belumai, Lesung Batu Belumai,Batu Gajah, Batu Gong Batu,Batu Balai,dan masih banyak lagi. 
Banyak cerita tentang megalit yang terdapat di Pagaralam,seperti cerita masyarakat mengenai megalit Batu Manusia Dililit Ular di Dusun Tanjung Aro.Masyarakat setempat mempercayai bahwa kawasan Dusun Tanjung Aro merupakan kawasan sakral. 
Begini  informasi yang didapat berdasarkan cerita orang-orang disekitar.
“Berdasarkan cerita nenek moyang kami dulu,dusun kami ini merupakan kawasan sakral. Hal ini terlihat dari bentuk batu manusia dililit ular ini,karena berdasarkan cerita,dulu ada sepasang mudamudi yang sedang dimabuk asmara telah melanggar adat dengan melakukan perbuatan zina di luar nikah.
Atas perbuatan itu,keduanya dihukum dililit seekor ular yang sangat besar dan dikutuk menjadi batu,”kata juru kunci megalit Kubur Batu dan Arca Manusia Dililit Ular Dusun Tangjung Aro,Lukman. 

Gambar rumah batu
Dan maih banyak lagi penemuan-penemuan arca-arca yang ditemukan dibeberapa lokasi perkebunan milik warga.
Bagaimana Menurut Anda ?
Nah., bagaimana, apakah Anda penasaran dan tertarik untuk berlibur ke kota Pagaralam yang menyimpan banyak objek wisata ?
Disana juga terdapat villa-villa di gunung dempo yang akan memberikan kenyamanan untuk kita. J
Dijamin tidak akan rugi deh..
Selamat mencoba yaaa !!! J


 

1 komentar:

  1. aku seneng sekali ada yang mau share tentang kota kecil-ku, kota pagar alam, aku asli jeme pagar alam, thankz banget.

    BalasHapus